Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Tetap Makan Mi Instan Saat Diet Berkat Mi Tropicana Slim



Sejak kecil, saya terbiasa bertubuh ramping. Makanya, waktu hamil, saya shock banget berat badan sampai di angka 80 kg. Duh, biasanya kan cuma 50 kg, naik 30 dong! Apalagi banyak yang bilang kalau sehabis melahirkan, badan perempuan itu bakal melar dan gak akan balik ke bentuk semula. Paniknya jangan ditanya waktu itu, saya sempet nangis stres ngebayangin punya badan lebih berat 30 kg dari sebelumnya. Hahahaha namanya perempuan ya!


Demi berat badan kembali semula, setelah melahirkan saya mulai jaga pola makan. Beneran, ini pertama banget dalam hidup saya punya program sehat begitu. Biasanya saya asal caplok asal makan. Tapi ngebayangin punya badan jauh lebih gemuk dari sebelumnya, saya maksa diri sendiri untuk disiplin jaga makanan.

Ditambah lagi, Jiwo anak saya lahir dengan bobot 4,5 kg, karena angka gula darah yang tinggi. Jadi saya yang waktu itu menyusui, semakin gak bisa sembarangan makan. Khawatir Jiwo semakin besar bukan karena gizi, melainkan tingginya angka gula darah.

Diet mengurangi porsi makan sih enggak ya, namanya masih menyusui. Makan saya tetap banyak, hanya aja, saya perhatikan betul apa-apa yang masuk ke tubuh. Saya sempat setop makan nasi dan ganti pakai kentang beberapa bulan, setiap hari makan sayur dan buah banyak-banyak, dan minum air putih sampai kayak onta, banyak banget! Hahahaha

Susah? Bangeeeet! Apalagi saya ini pecinta mi instan, mau gak mau harus berhenti juga karena takut semakin melar. Tapi, siapa coba yang bisa nahan godaan mi instan? Sebelum nikah, saya ini 5 tahun jadi anak kos. Hidupnya udah nempel banget sama mi instan. Apalagi kalau malam, Jiwo bayi ngajak begadang. Duh, rasanya gatel banget pingin ke dapur, rebus mi trus dipotongin cabe rawit.

Untung banget, saya ketemu sama Mi Tropicana Slim. Pertama kali liat itu, pas lagi belanja bulanan dulu. Lihat kemasannya ada tulisan Less Fat Noodles. Wah, mata saya langsung ijo! Mi instan tapi rendah lemak? Ih, pas banget banget! Sudah saatnya hasrat terpendam makan mie segera dituntaskan. Hahahaha


Mi Tropicana Slim ini, salah satu produk dari Nutrifood. Kenal dong sama Tropicana Slim? Brand yang terkenal dengan produk pemanis ramah tubuh. Nah, brand ini ternyata sekarang punya produk mi instan juga. Gak seperti mi instan pada umumnya, Mi Tropicana Slim adalah mi sehat karena rendah lemak, rendah natrium, kaya serat dan vitamin.

Saya paling cocok sama rendah lemaknya tuh. Coba, lagi nurunin berat badan tapi tetap bisa makan mi instan? Kebahagiaan apalagi yang bisa nandingin? Hahahaha. Soal rendah lemak ini, bisa kelihatan jelas dengan kasat mata lho. Pernah dengar kalau air rebusan mi instan yang keruh itu adalah zat lilin? Duh, ini mitos ya.. Gak usah dipercaya. Air keruh sisa rebusan mi instan itu bukan zat lilin, tapi sisa lemak yang luruh karena proses memasak. Semakin keruh air sisa rebusannya, berarti semakin banyak kandungan lemaknya.

Nah, Mi Tropicana Slim ini, air sisa rebusannya bening! Menyisakan warna kuning memang, tapi airnya gak keruh. Bisa simpulin sendiri dong? Yap, Mi Tropicana Slim terbukti rendah lemak! Air rebusan bisa sampai jernih begitu, artinya gak ada lemak yang luruh karena proses memasak. Saya sih girang banget sama ini, bye lemak! :D

Air sisa rebusan Mi Tropicana Slim, tidak keruh!
Kenapa bisa gitu? Karena mi instan pada umumnya, kadar lemaknya cukup tinggi (sekitar 15 – 17 gram per bungkusnya), sedangkan Mi Tropicana Slim, hanya sekitar 5 gram per bungkusnya. Ini karena Mi Tropicana Slim tidak melalui proses penggorengan, pengeringannya adalah dengan dipanggang. Jauh banget yak angkanya? Pantesan kalau makan mie lain cepet banget gemuk xD

Soal rasa, gak kalah kok dengan mi instan lain. Ya memang sih, rasanya gak setajam mi instan pada umumnya. Karena kandungan kadar natrium (garam) pada Mi Tropicana Slim hanya 480mg per bungkusnya, kalau yang lain, bisa mencapai 980mg hingga 1.500mg per bungkus. Menurut PERMENKES No. 30 tahun 2013, konsumsi natrium (yang biasanya berasal dari garam pada produk makanan) lebih dari 2.000 mg bisa berisiko meningkatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.  Hiiiy!
Perbandingan mi Kering Tropicana Slim dengan mi Instant Lainnya (sumber)
Pertama nyobain memang agak aneh yaa, karena lidah saya terbiasa dengan mi instan dengan rasa yang kuat. Tapi ya, gak masalah lah, toh tetap enak. Lagian, rasa khas mi instan yang kuat itu kan dari kadar natrium yang cukup tinggi. Selama masih terasa enak, hajar aja. Bisa makan mi instan tapi tetap kurus aja udah syukur banget. Hahahaha *emang dasar rakus*

Jadi, sekarang saya gak perlu takut lagi untuk makan mi instan. Gak takut gemuk, gak takut kebanyakan garam, dan gak dihantui perasaan bersalah setelah kenyang. Gak khawatir juga kalau Jiwo kepingin saat lihat saya makan. Mi Tropicana Slim ini aman kok dikonsumsi anak-anak, bahkan orang-orang penderita diabetes dan hipertensi. Tapi tetap batas wajar ya, karena gimanapun, sesuatu yang berlebihan itu pasti enggak baik.
Tetap ramping meski sudah melahirkan. Senangnyaaaa :D
Sekarang, berat badan saya kembali di angka 50kg. Turun 30 kilo! Senangnyaaa.. Saya bisa membantah omongan orang yang bilang kalau perempuan habis melahirkan PASTI jadi gembrot, jadi melar. Dengan pola makan yang dijaga superketat, saya berhasil mengembalikan badan saya seperti semula. Tapi sekali lagi, bukan mengurangi porsi makan yaa.. Karena ibu setelah melahirkan gak boleh sampai kelaparan. Yang diatur itu nutrisinya, pastikan makanan yang masuk ke tubuh rendah lemak dan kayak nutrisi. Jadi, walaupun makan banyak, gak takut melar deh! :D

6 komentar

  1. Wah samaan mak pung kita ikutan lomba ini. Heu tetep ya, emak-emak emang pd doyan nge-mie :)

    BalasHapus
  2. Wah... tips cepet kurus lagi abis melahirkannya kudu ditiru nih. *lirik badan jumbo* :))))

    BalasHapus
  3. Sekarang beratnya berapa ? Kok aku ngiri banget yaa

    BalasHapus
  4. Xixix..itu Jiwo dan emaknya lebih sadar kamera emaknya

    BalasHapus
  5. seneeeng bangeeet bisa ramping, hehehehe....tapi memang oke mie instan yang satu ini :)

    BalasHapus
  6. *ngebayangin beratmu 80 kilo itu kaya gemanah? o_o
    Aku kalo hamil, paling banyak nambah 16 kilo ajah, abis itu kempes lagi kayak balon *_*

    Btw, itu foto, kayaknya Jiwo lagi mikir, emak gue kenapa narsis banget ya? Hahaha

    BalasHapus