Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Curhatan Rasa Ibu Bahagia




Jadi ibu rumah tangga itu, gampang gampang susah. Bisa gak bisa, saya harus jadi juru masak untuk suami dan anak. Walaupun setiap masakan saya selalu dibilang enak sama suami, tapi tetap aja, ada kalanya saya merasa dia cuma menghibur. Saya yakin ada beberapa kali masakan saya yang rasanya jangan ditanya, mungkin orang mending puasa aja daripada makan itu. Hahahaha saking anyepnya, atau saking ajaibnya itu makanan. Ya gimana dong, waktu gadis, saya gak gitu suka masak. Lha buat apa, kan si mama hobi banget tuh ke dapur. Sebagai anak gadis yang baik, saya memilih nungguin mateng sambil nonton tv atau main. Muahahahaha


Kalau suami masih bisa selalu memuji--walaupun saya yakiiin banget dia sering bohong, enggak begitu dengan Jiwo, anak saya. Namanya anak kecil, kan makhluk paling jujur sedunia ya.. Makanan gak enak, gak bakal banget dia puji. Yang ada dilepeh, gak mau makan, atau paling gemesin: diawur-awur ke lantai. Jadi, saya mau gak mau harus bisa masak buat keluarga. Gak perlu yang rasanya paling enak sedunia, yang penting keluarga saya suka dan makan dengan bahagia. Kalau mereka bahagia, tentu saya lebih bahagia. Sukses jadi ibu rumah tangga biarpun masa gadisnya punya kelakuan-jangan-ditiru-banget. Mahahaha

Tapi serius, gara-gara ini saya sering stres saat masak. Setiap ke dapur, saya selalu dihantui perasaan bersalah karena takut gagal menghidangkan makanan lezat untuk suami dan anak. Makanan yang saya buat seringnya hambar, kurang greget. Tampilannya pun biasa aja, kayak makanan gak niat disajikan. Walhasil, Jiwo jadi ogah-ogahan makannya. Duh!

***
Syukurlah, sekarang saya sudah menemukan partner memasak yang klop, cap Koepoe Koepoe namanya. Produk PT Anggana Catur Prima ini lengkap. Dari mulai baking mix, herbs and spices, perisa dan pewarna makanan, sampai bumbu-bumbu siap pakai untuk berbagai olahan makanan. Wah, saya girang banget. Betul-betul solusi untuk segala kebutuhan masak memasak. Ditambah lagi, harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan dimana-mana, sahabat banget untuk ibu rumah tangga seperti saya. Asiiik!

Gak cuma dengan produknya, Koepoe Koepoe juga membuat momen memasak saya menjadi mudah dan menyenangkan berkat tips-tips memasak di Jelajah Rasa. Berselancar di sana, saya jadi tau bagaimana membuat tempura goreng yang renyah, membuat kue kering yang bergizi, sampai memilih bumbu-bumbu yang harus ada di dapur. Beneran semua yang saya pendam, ada jawabannya di sana. Bacanya jadi berasa #CurhatanRasa gitu. Muihihihi

Di web Jelajah Rasa, ada juga seabrek resep hidangan super-lezat yang bisa saya coba di rumah. Wah, gak ada lagi cerita bingung mau masak apa. Dan gak cuma itu, saya juga jadi tau apa itu angkak, simmering, stewing, saute, atau marinate. Hayoo pada tau gak? Itu istilah-istilah di dunia masak memasak lho.. Hihihi. Jelajah Rasa bikin saya jadi koki rumah yang gak cuma kaya rasa, tapi juga kaya ilmu :D


Seperti yang saya bilang, untuk Jiwo, memasak gak bisa cuma sekedar enak dan bergizi. Usia balita seperti dia, lagi sering banget yang namanya susah makan. Jadi, makanan untuknya harus juga berpenampilan menarik. Salah satu andalan saya adalah Nasi Pelangi. Nasi yang berwarna-warni dan dibuat bentuk aneka rupa. Lho, nasi kok warna-warni? Iya, saya pakai pewarna makanan cap Koepoe Koepoe. Jadi, saat memasak nasi, berasnya saya teteskan pewarna makanan ini. Gak perlu banyak-banyak, cukup satu tetes untuk setengah kilogram beras. Saat nasinya matang, akan punya warna yang cantik dan menarik anak-anak. 
 

Cuma satu tetes? Iya, pewarna makanan Koepoe Koepoe ini irit banget, satu tetes aja bisa bikin setengah sampai satu kilogram beras jadi berwarna. Kalau kebanyakan, nanti warnanya malah jelek karena terlalu pekat, jadi cukup setetes aja setiap memasak nasi. Memangnya aman ya nasi warna begitu? Gak racun? Enggak dong, jelas aman karena SEMUA produk cap Koepoe Koepoe sudah terdaftar resmi di BPOM, dan punya sertifikat halal dari MUI. Jadi, pewarna makanan ini jelas aman untuk dikonsumsi. 

Saya cek di web BPOM, dan ternyata betul sudah terdartar. Aman dikonsumsi! :D



Bagian yang paling saya suka dari pewarna makanan ini adalah ujungnya. Didesain mengerucut dan keluarnya menetes, sehingga gak mudah tumpah dan berceceran. Jadi, gak akan ada cerita dapur kita ketumpahan pewarna makanan.

Desain ujung seperti ini membuat isi tidak mudah tumpah dan berceceran.
Jiwo suka banget sama Nasi Pelangi ini, setiap disajikan, dia pasti mau makan sendiri karena gemes sama nasinya. Biasanya, saya juga sekalian mengenalkan warna ke Jiwo. Jadi, acara makan kami seru karena ada permainan tebak warna juga. Setiap mau menyuap, dia pasti tanya “Walna apa?”, setelah saya jawab, nanti dia akan mengambil nasi sesuai warna yang saya sebutkan. Asik kan? Anak jadi doyan makan, pintar makan sendiri dan sambil belajar mengenal warna :D

Tapi, tampilan menarik, tentu aja gak menjamin anak jadi doyan makan yaa.. Kalau menarik tapi rasanya gak enak, Jiwo ya tetap aja gak suka. Jadi kayak nipu dong, luarnya bagus dalemnya enggak. Nah, untuk memasak enak, saya mengandalkan pasukan herbs dan spices dari Koepoe Koepoe. Variannya ada buanyak, dari cabai bubuk, bawang putih bubuk, sampai aneka rempah seperti cengkeh bubuk, kayu manis, lada, pala, dan masih banyak lagi. Andalan saya sih bawang putih bubuknya, karena selain rasanya yang sedap, bubuk ini juga praktis untuk masakan saya. 

Biasanya, saya pakai untuk membuat aneka olahan krispi kesukaan Jiwo. Bayam kriuk, katuk kriuk, brokoli kriuk, kembang kol kriuk, atau jamur kriuk. Alternatif supaya anak makan sayur tanpa melulu harus sop dan tumis. Sekali-kali dibuat krispi, bisa membuat anak lebih doyan makan lho! Nah, Membuat krispi itu kan harus pakai lapisan tepung yaa.. Kalau pakai bawang putih diulek atau dicacah, susah menyatu sama tepungnya. Jadinya bergrindil dan rasa bawang putihnya gak rata. Makanya, saya bersyukur banget menemukan bawang putih bubuk Koepoe Koepoe, bisa bercampur rata dengan tepung tanpa bergerinjil. Ditambah sedikit kayu manis bubuk dan lada putih bubuk Koepoe Koepoe, olahan krispi saya jadi sedap dan disukai keluarga. Sik asik! 

Berikut resep Jamur Kriuk Koepoe Koepoe ala saya:


Kalau untuk suami, saya selalu berusaha memunculkan aroma dan rasa yang sedap dalam setiap masakan. Walaupun selalu dipuji, tapi sebagai istri, saya maunya masakan untuk suami betul-betul enak. Makanya, saya senang banget sama herbs dan spices dari Koepoe Koepoe, masakan saya jadi kaya rasa dan membuat suami suka masakan saya tanpa bohong.

Kesukaan dia itu, Ayam Rempah buatan saya. Ayam yang diolah dengan bumbu kaya rempah khas Indonesia. Ayam Rempah ini menggunakkan berbagai rempah dari Koepoe Koepoe: kayu manis bubuk, cengkeh bubuk, cabai bubuk, dan lada putih bubuk. Rasanya, hmmm, nikmaaaat! Jelajah Rasa nusantara hanya dalam satu masakan sederhana. Gak cuma suami lho yang suka, Ayam Rempah buatan saya ini juga menjadi favorit keluarga besar. Syukur deh, berkat Koepoe Koepoe, saya gak hanya jadi koki hebat untuk suami, tapi juga untuk mertua. Ahay!

Ini dia resep Ayam Rempah saya, silakan dicoba ya! ;)


Eh, memangnya gak lebih baik rempah asli aja diulek dan diolah jadi bumbu? Duh, kalau ada yang praktis, kenapa milih yang ribet sih. Hihihi Lagian, perhatiin deh nama produk herbs dan spices dari Koepoe Koepoe ini. Kata bubuknya selalu ditulis di belakang, bukan di depan. Kayu manis bubuk misalnya. Karena apa? Karena ya memang betul-betul kayu manis asli dibuat jadi bubuk, bukan sekedar bubuk diberi perisa kayu manis. Jadi gak perlu khawatir apa-apa, karena semua herbs dan spices Koepoe Koepoe adalah rempah asli dan bahan pilihan bermutu yang diolah menjadi bubuk.

Sekarang, setiap momen memasak datang, saya jadi jauh lebih menikmatinya. Ternyata, kalau tau rahasianya, momen memasak untuk keluarga bisa menjadi sangat seru dan menyenangkan. Membuat makanan bergizi untuk anak, olah resep untuk suami, mencari ide ide variasi menu setiap hari, belum lagi berkreasi dengan makanan untuk anak, betul-betul seru! Ditambah lagi ada tips-tips Jelajah Rasa yang bisa diakses kapan aja, memasak itu sulit? Ah, itu mah dulu sebelum kenal Koepoe Koepoe! :D

Terimakasih Koepoe Koepoe, telah menjadi partner saya dalam menyajikan hidangan untuk keluarga. Bertahun-tahun menempati ruang kecil di dapur kami, membantu saya menjadi koki yang sanggup menghidangkan makanan penyungging senyum untuk suami dan anak. Sebagai seorang ibu, apalagi yang bisa membuat saya lebih bahagia dari ini? ;)

25 komentar

  1. Hehehe Jiwo sampe bengong giti liat nasi pelangi. Pasti jadi semangat ya sis maemnya. Rasa excited anak kan bisa mengalahkan segalanya.

    BalasHapus
  2. Edan kamu, Pung! Edaaaaaaaan!!!!!! >_____<

    BalasHapus
  3. Kereennnn bener... Pungky pinter masakkk sekarang berkat koepoe koepoe

    BalasHapus
  4. Busyet dah, bikin ngilernya nih postingan

    BalasHapus
  5. waaaah...rajin masak niiih mamak jiwooo..dan kayaknya enak bangeeet :)...

    BalasHapus
  6. Sip, nanti kalo main ke Purwokerto mau minta masakin sama ibu Pungky ah. Nyam nyam... ^_^

    BalasHapus
  7. *pengsan liat postingan ini.. :D

    kompor Gas, mama Jiwo! *jempolpol

    BalasHapus
  8. Waaaaa kreatiip bgt masak buat jiwo ituu.. Aku may nyontek aahhh... Beli pewarna koepoe2 dulu aahh

    BalasHapus
  9. jiwo lahap banget maemnya:)

    BalasHapus
  10. Jiwooooo bagi donk buat mba vivi dan mas faris ;) Resep ayamnya boleh dicontek nih....

    BalasHapus
  11. Wow nasinya lucu, Jiwo pasti suka banget. Pengen nyoba jamur kriuknyaaa :)

    BalasHapus
  12. Waah rainbow rice mpe bengong tuh jiwo

    BalasHapus
  13. Semangat bener maemnya si jiwo..
    Terpesona sm nasi warna warninya ya ?.
    Kolabari maknpung n koepoe2 sukses besar nih..:)

    BalasHapus
  14. Wah, inspiratif banget nasi pelanginya. Mau coba ah... :D

    BalasHapus
  15. Jadi kayak ala-ala Bento ya Pung. Kapan-kapan cobain ah buat Ubii. Thanks ya ide and infonya. Mampir ke website jelajah rasa juga ah, hahaha nyontek abis. Bahaha. Aku belom pernah cobain Koepoe-Koepoe juga nih.. Jadi oengen cobain. Di supermarket pasti ada kan ya?

    BalasHapus
  16. aku bengooong ngelihatin Pungky keren banget jadi chefblogger..hihii koepoe-koepoe keren yaaaa, jadi bikin mama Jiwo kreatiiip

    BalasHapus
  17. kereeen kereen neng, bikin ngiler plus penataan fotonya itu lo ciamik banget :)

    BalasHapus
  18. Aku save resepnyaa.. Prakteknya ntah kapan. Hihi

    BalasHapus
  19. Aku save resepnyaa.. Prakteknya ntah kapan. Hihi

    BalasHapus
  20. Hai Jiwo, makasih udah mampir hehehe, lucu banget sih Jiwo ini, dan aku hanya fokus sama makanan dan masakannya bikin ngiler hihihi

    BalasHapus
  21. duh mama jowo, kamu koq keren sihhh *irimaksimal haha
    beruntung bgt jiwo.. itu fotony keceh abis, jadi pengen nyicip tuhhh

    BalasHapus
  22. hehehehe... ini nih juara edisi lomba postingan
    semangat yah, mak...

    BalasHapus
  23. Menggiurkan sekali ayamnya. Cleguk!

    BalasHapus
  24. selesai poto Jiwo langsung kalap ngambil nasinya hahaha

    BalasHapus