Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Resep Seru untuk Si Kecil



Jiwo, memang bukan anak yang ribet soal makanan. Dia tipe balita predator, apa aja dimakan. Termasuk mie instan kuah dikasih potongan cabe rawit, dia lahap! Muahahaha jangan ditiru. Tapi, sebagai mamah muda paling mengerti keluarga, sekali-kali saya seneng juga bikinin dia makanan spesial selain makanan utama dia sehari-hari. Semacam cemilan atau minuman segar, gitu.. Tapi pakai special, pakai cinta dan resep khusus. Tsaelah!

Andalan saya sih bikin crepes dan makaroni schotel. Selain gampang, crepes buatan saya juga terkenal enak di kalangan keluarga besar. Yaiyalah, wong yang suka bikin crepes cuma saya, pasti aja jadi paling enak :))

Crepes gampang dan enak yang sering saya bangga-banggain ini, pernah membawa saya jalan-jalan gratis ke Singapore lho.. Menang lomba resep waktu itu. Topingnya, saya pakai Okky Jelly. Soalnya Okky Jelly ini kesukaan Jiwo banget. Dan juga, kalau pakai Okky Jelly, teksturnya jadi seru! Ada sensasi kenyal-kenyalnya gitu... Asik di mulut. Ini resepnya yaa buat yang pingin nyoba..

Resep Baby Jelly Crepes

Kulit:
  • 1 butir telur ayam
  • 25 gram tepung terigu
  • 5 gram susu bubuk (karena ini buat Jiwo, jadi susunya saya pakai susu formula)
  • 75 ml air
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 bungkus vanili (optional)
  • Garam secukupnya
Saus:
  • Whipping cream siap pakai
  • Plain Yoghurt (3sdm untuk setiap satu mangkuk whipping cream)
Isi:
  • 1 bks Okky Jelly dipotong kecil-kecil
Cara membuat:
Campur semua bahan kulit, aduk rata. Panaskan sedikit (beneran dikit) margarin di atas wajan anti lengket, lalu buat kulit berbentuk lingkaran. Sebenernya terserah sih, mau bentuk Hello Kitty atau Dinosaurus ya boleh aja kalau sangghup mah. Takaran per kulit itu, kalau saya, dua sendok makan. Sesuaikan aja sama ukuran wajan ya.. Diamkan sampai dingin. Soalnya kalau masih hangat sedikit aja, nanti whipping cream nya rusak.
Sausnya, campur whipping cream dan plain yoghurt. Tuangkan ke atas kulit yang sudah dingin. Terakhir, taburi potongan Okky Jelly. Digulung, jadi deh!

Rasanya? Ada manis, asem, dan sedikit gurih. Jiwo doyan banget, sekali makan bisa habis tiga sendirian. Soalnya kulit crepes gurih berpadu cream lembut dan jelly kenyal, kayak yang saya bilang tadi.. seru di mulut! :D

Oiya, karena Jiwo suka banget sama Okky Jelly ini, saya jadi sering kalau bikin apa-apa dicampur Okky Jelly. Paling sering sih Es Buah. Gampang soalnya, tinggal potongan buah diguyur sirup atau air jeruk, trus cemplungin potongan Okky Jelly. Kalau bulan puasa, Okky Jelly ini jadi teman es mutiara kesukaan suami saya. Jadi, tajil kami lain daripada yang lain. Hihihi







Tapi gak setiap hari juga yaa.. Karena namanya kue dan es, gak baik juga kalau setiap hari. Kalau buat makan sehari-hari, saya ya balik ke sayur sop dan perkedel andalan. Muehehehe Ini mah buat selingan aja.. Biar anak gak bosen makan nasi lagi nasi lagi. Lebih seru, kalau dalam acara memasak, si kecil dilibatkan. Kalau saya bikin crepes, Jiwo biasanya kebagian tugas ngolesin saus dan menabur Okky Jelly. Gak apa-apa belepotan, yang penting dua-duanya hepi dan anak jadi semakin mengenal tekstur ^_^

Tertarik untuk mencoba? Atau, punya resep seru lain untuk si kecil? Hayuk, tulis di komen ya!

13 komentar

  1. Pungky, aku mau dong dibikinin ini kalo ke Purwokerto. Syapa tahu, bisa ke Legoland juga :p
    *tamu ngelunjak*

    BalasHapus
  2. Ini beneran mak pung yg masak ?. Ah yg bener ?. Jiwo kali yg masak nih *gk prcaya. Hehe
    Simpel ya mak pung, boleh dicoba nih. Tfs y mak pungkai

    BalasHapus
  3. mantap, ternyata jago bikin cemilan juga :)

    BalasHapus
  4. Ishhh enyak kayanya...yg emak2 aj kaya bundanya sean doyan kok okky jelly ini ^_^

    BalasHapus
  5. yummy.. patut dicoba ni mak.. :D

    BalasHapus
  6. Wuhu persiapan kalo punya anak nanti. \:D/

    BalasHapus
  7. whuaaa..ngileer..
    salah bw deh, lagi pengen yang manis2 :(

    BalasHapus
  8. enyakkkk.... kirim 3 porsi ke rumah Rafa ya tanteee... hihi..

    BalasHapus
  9. Ternyata resep nya simple dengan Hasil yg maknyus ya. Tapi aku ga pernah ke Dapur , Jadina beli yg jadi Aja, hehe

    Bikin dong, Mama Jiwo :D

    BalasHapus
  10. wah sama dong saladin suka jelly juga
    wah asyik ya bisa jalan jalan karena menang lomba resep :D

    BalasHapus
  11. kulit krepesnya oke banget ituu

    BalasHapus